Cara Membuat Artikel Berita Agar Diminati Pembaca

Cara membuat artikel berita biasanya lebih sistematis namun berbeda dengan karya ilmiah informatif. Artikel berita biasanya menyajikan sebuah tulisan dengan cara yang lebih khusus yang bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Cara Membuat Artikel Berita Agar Diminati Pembaca

Berita sendiri merupakan informasi tentang suatu kejadian baik informasi baru maupun lama. Anda bisa menyajikan berita melalui internet, media cetak, siaran, atau bahkan dari mulut ke mulut. Artikel berita memiliki beberapa sifat, yaitu aktual, penting, peristiwa yang mempunyai dampak, mangandung konflik, dan mengandung informasi mengenai inovasi maupun perubahan.

Artikel jenis ini harus mengikuti kriteria penulisan 5W+1H, selain itu artikel juga harus mengikuti skema piramida terbalik. Tujuannya, agar pembaca lebih mudah dalam mengetahui inti yang ingin disampaikan oleh berita tersebut. Dengan mengetahui cara membuat artikel berita yang benar, tentu dapat membantu anda meningkatkan kemampuan menulis.

Anda juga dapat meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan informasi dengan ringkas dan jelas. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan saat membuat sebuah artikel berita dengan baik.

Tentukan Tempat Penerbitannya Dulu

Hal pertama yang perlu anda tentukan adalah tempat penerbitan artikel berita tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan gaya bahasa dan tulisan yang akan anda buat. Biasanya setiap media berita mempunyai gaya penulisannya sendiri. Walaupun memang secara keseluruhan tulisan tersebut sama saja. Untuk menemukan gaya bahasanya, lakukan hal-hal berikut ini:

  • Kumpulkan beberapa artikel dengan tema yang sama dari media yang akan anda gunakan
  • Baca dan telaah baik-baik gaya bahasa dan penuturan informasi beritanya
  • Pelajari format penulisannya

Temukan Inspirasi Dulu Sebelum Mulai Menulis

Menulis sebuah artikel berita juga dibutuhkan inspirasi loh, tanpa memilikinya mustahil bagi anda untuk menulis dengan lancar. Setiap penulis pasti memiliki inspirasi tertentu. Sebut saja Raditya Dika yang juga butuh inspirasi untuk menyelesaikan bukunya yang berjudul Malam Minggu Miko.

Untuk mendapatkan inspirasi ini anda bisa melakukan berbagai cara seperti, membaca artikel dari berbagai sumber. Anda juga bisa membaca berita tulisan orang lain, survey langsung ke lapangan, maupun menonton berita di TV.

Baca rekomendasi jasa penulis artikel terpercaya

Buat Tulisan Dari Sudut Pandang Anda

Terkadang satu berita saja dapat menimbulkan banyak pemberitaan dengan bahasa yang berbeda-beda. Karena itulah penting untuk memiliki sudut pandang sendiri dalam menentukan gaya tulisan dan berita yang akan ditulis. Untuk menentukannya anda dapat menggunakan beberapa metode. Seperti membuat pertanyaan dengan rumus 5W+1H, lalu menguraikan pertanyaan menurut rumus tersebut.

Menyusun Semua Bahan Tulisan

Seorang penulis bisa membuat sebuah artikel berita yang valid karena memiliki bahan yang lengkap. Jika anda ingin membuat artikel berita, maka salah satu cara membuat artikel berita tersebut adalah dengan mengumpulkan semua bahan selengkap mungkin.

Walaupun anda memiliki ide dan rencana yang bagus, tapi tanpa memiliki bahan tentu akan sulit sekali membuat sebuah artikel berita. Biasanya para reporter membuat riset dan observasi terlebih dahulu untuk mengumpulkan informasi sebagai sumber berita.

Sebelum Dipublish Lalui Dulu Tahap Editing

Setelah anda selesai membuat berita, jangan dulu buru-buru mempublishnya. Artikel yang telah dibuat tersebut harus di sunting atau masuk tahapan editing lebih dulu. Pada tahap ini artikel akan di cek dan dilihat keseluruhan isinya. Cek dulu alur berita, struktur penulisan, EYD dan kelengkapan informasinya.

Artikel Berita Siap Dipublish

Cara membuat artikel berita yang terakhir adalah mempublishnya. Kalau anda mengirim tulisan ke media berita besar, tentu akan ada penyuntingan dan tulisan anda akan diedit untuk menyesuaikan dengan standart mereka.

Nah itulah proses langkah demi langkah cara membuat artikel berita yang harus anda ketahui. Anda bisa mengasah kemampuan menulis dengan menerbitkan artikel berita di media-media berskala kecil lebih dulu sebelum mengirimkannya ke media berita besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *