Cara Menulis Artikel dengan Baik dan Menarik

Artikel jasa backlink ini akan membahas tentang cara menulis artikel dengan baik dan menarik minat calon pembaca. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini sudah banyak artikel-artikel yang tersebar diberbagai platform. Maka dari itu mudahnya akses internet membuat masyarakat sekarang ini tidak asing dengan sebuah tulisan atau artikel online.

Cara Menulis Artikel dengan Baik dan Menarik

Artikel sendiri memiliki pengertian sebuah tulisan atau karangan pendek yang mempunyai panjang kira-kira 300-1000 kata. Setiap artikel mempunyai tema masing-masing, berbeda tema tentu saja berbeda juga tujuan dari sebuah artikel tersebut. Contoh jenis-jenis tema artikel seperti artikel ilmiah, artikel opini, artikel tutorial dan lain-lain.

Jika anda ingin membuat sebuah artikel menjadi menarik, coba pikirkan kira-kira topik yang sekarang sedang hangat menjadi bahasan masyarakat. Selain artikel dengan topik tersebut anda juga bisa membuat artikel yang berisi tentang sesuatu hal yang bermanfaat untuk masyarakat. Berikut ini cara menulis artikel dengan baik.

Tentukan Topik dan Rumuskan Ide Pokok

Pemilihan tema sangat penting untuk menentukan tujuan dari artikel anda. Tema adalah gambar luas sedangkan yang lebih spesifik adalah topik. Seperti contoh tema yang akan dipilih adalah tentang game, maka anda bisa memilih topik yaitu spesifikasi gadget yang dibutuhkan untuk suatu game.

Menulis artikel dengan baik setelah menentukan topik adalah menentukan ide pokok, ide pokok bisa diberikan pada setiap paragrafnya. Contohnya, paragraf pertama terdapat penjelasan masalah, paragraf kedua menjelaskan tentang penyebabnya, dan pada paragraf terakhir diberikan solusinya. Jangan lupa membuat kesimpulan untuk artikel anda dibagian akhir.

Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Artikel

Menulis artikel dengan baik juga harus memperhatikan hal-hal penting seperti unsur 5W+1H yaitu What, apa permasalahannya. Where, dimana tempatnya. When, kapan terjadi. Who, siapa narasumber atau siapa pelakunya. Why, kenapa bisa terjadi. Dan adalah How, bagaimana itu terjadi dan bagaimana permasalahan itu berakhir.

Artikel terdapat dua jenis yaitu fiksi dan non fiksi. Artikel fiksi adalah artikel yang tidak nyata atau sesuai imajinasi penulis. Untuk artikel non fiksi adalah artikel yang selalu mengedepankan fakta. Cara mengetahui itu fakta atau bukan dengan melakukan riset dengan berbagai sudut pandang dan sumber.

Mengumpulkan referensi-referensi dari berbagai sumber dan sudut pandang harus dilakukan untuk mencapai tujuan menulis artikel dengan baik karena semua yang terdapat di internet tidak semuanya benar dan valid. Berhati-hatilah dalam mencari sebuah referensi. Apalagi mencari referensi ini sangatlah penting jika anda tidak terlalu paham dengan topik yang sedang anda pilih.

Mengedepankan fakta dalam sebuah artikel non fiksi ini sangat penting, karena selain dapat menggiring opini salah kepada pembaca dan memberikan informasi yang tidak benar akan sesuatu, sekarang menyebarkan berita bohong atau hoaks bisa terkena undang-undang ITE dan bisa terancam dipenjara.

Setiap orang mempunyai hak untuk bebas menulis, tetapi sebisa mungkin berusahalah menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Jangan menulis hanya untuk memojokan seseorang atau suatu kelompok tertentu demi kepentingan pribadi. Karena hal itu bisa menyebabakan adanya perselisihan dan kemungkinan terjadi pelanggaran hukum yang serius.

Dari hal-hal penting diatas tentu saja sudah bisa diketahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel. Menulis artikel memang terlihat mudah, seperti asal ketik dan merangkai kata-kata saja dikeyboard tetapi juga memerlukan pemahaman tentang menulis. Itulah cara menulis artikel dengan baik dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *